Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden: Inflasi Musuh Bersama

Kompas.com - 21/05/2014, 13:57 WIB
Dani Prabowo

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyebut inflasi merupakan musuh ekonomi bersama yang harus dikendalikan, karena membuat harga kebutuhan dasar masyarakat dan industri menjadi tidak stabil.

"Inflasi itu musuh ekonomi. Harga yang terus naik apalagi tajam dan juga terus berfluktuasi, harga naik dan tidak stabil itu menjadi musuh ekonomi dan rakyat," kata Presiden saat membuka acara Rapat Koordinasi Nasional V Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) 2014 di Hotel Sahid Jaya, Rabu (21/5/2014).

Presiden SBY menambahkan, selama ini pemerintah terus berupaya menekan laju pertumbuhan inflasi baik di tingkat nasional maupun daerah. Namun, hal itu justru dimanfaatkan oleh spekulan pasar yang tak ingin melihat ekonomi Indonesia stabil.

Ia mencontohkan, ketika dirinya tengah membacakan nota keuangan 2013, saat itu sejumlah harga bahan kebutuhan mulai merangkak naik. Saat itu, pemerintah berencana meningkatkan belanja pegawai.

"Harga yang tidak stabil juga menyulitkan bagi kalangan bisnis untuk menyiapkan rencana bisnisnya. Kesulitan itu terjadi ketika harga melonjak. Maka stabilitas harga itu menjadi komponen makro ekonomi," katanya.

Untuk itu, SBY mengingatkan, perlu adanya koordinasi antara tim pengendali inflasi daerah dan pusat guna mengendalikan stabilitas ekonomi. Sehingga, laju pertumbuhan inflasi terjaga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com