Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Timses: Kebijakan Pajak Jokowi-JK Akan Sangat Keras

Kompas.com - 26/05/2014, 17:21 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Ekonom sekaligus Anggota Tim Sukses Pemenangan Pilpres Jokowi-JK, Iman Sugema masih rahasiakan kebijakan Jokowi dan JK jika terpilih nanti di sektor pajak. Iman berujar, jika dibocorkan saat ini, para akuntan pajak akan takut dengan program tersebut.

"Setelah hasil quick count, kami keluarkan program di sektor pajak yang sangat keras. Kalau sekarang (diungkapkan), nanti akuntan pajak pada takut. Karena ini sangat keras," ujar Iman Sugema di Megawati Institute, Jakarta, Senin (26/5/2014).

Iman menjelaskan, program tersebut akan sangat keras kepada siapapun yang coba-coba memanipulasi pajak negara. Menurutnya, pemerintah tidak mampu meningkatkan pendapatan negara dari sektor pajak yang banyak mengalami kebocoran.

Ketidakberhasilan pemerintah tersebut menurut Iman juga disebabkan oleh tidak efektifnya pemerintah menarik pajak dari sektor swasta. Alhasil, masalah-masalah tersebut membuat pengelolaan APBN tidak efisien dalam membiayai pembangunan nasional.

Oleh karena itu menurut Iman, diperlukan kebijakan yang keras disektor pajak agar mampu meningkatkan pendapatan negara yang lebih besar. Dia sangat yakin jika pasangan Jokowi-JK terpilih, kebijakan tersebut akan diumumkan setelah hasil quick count diumumkan.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Chatib Basri mengakui sulitnya meningkatkan penerimaan negara dari pajak. Menurutnya, memperbaiki kebijakan fiskal hasilnya tidak bisa langsung terlihat sebagaimana kebijakan di bidang moneter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com