Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sindikasi Bank BUMN Akan Biayai Transmisi Listrik Sumatra

Kompas.com - 28/05/2014, 11:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Empat bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan bekerjasama membiayai pembangunan transmisi listrik di Sumatra. Keempat bank tersebut adalah PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN), dan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI).

"Bangun transmisi listrik itu lho. Kan sudah ditemukan cara bagaimana dengan cepat, transmisi listrik yang 500 KV sudah seperti Jawa. Jadi Trans Sumatra tidak tertinggal lagi," kata Menteri BUMN Dahlan Iskan di Menara BNI, Rabu (28/5/2014).

Dahlan mengatakan, dalam hal pembiayaan proyek ini jangan sampai ada pinjaman dari luar negeri. Oleh karena itu, pihaknya bersama BUMN perbankan dan karya sedang merundingkan skema pembiayaannya.  BUMN perbankan akan menggelontorkan pembiayaan dan BUMN karya akan bertindak sebagai kontraktor.

Ditemui pada kesempatan yang sama, Direktur Utama BTN Maryono mengungkapkan saat ini belum ditentukan bank yang akan bertindak sebagai pemimpin sindikasi. Ia mengatakan pula kemungkinan Bank Pembangunan Daerah (BPD) pun akan diajak sindikasi membiayai proyek ini.

"Lead-nya memang belum. Cuma karena BNI sebagai Ketua Himbara (Himpunan Bank-Bank Milik Negara), sehingga dia yang bisa mengatur nanti pembagiannya gimana. Termasuk nanti siapa lead-nya nanti akan ditentukan oleh BNI," jelas Maryono.

Lebih lanjut, Maryono mengungkapkan nilai proyek tersebut diperkirakan mencapai Rp 10 triliun. Adapun proses yang saat ini sedang dikerjakan adalah uji kelayakan atau feasibility study.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com