Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Ingatkan Pemerintah Waspadai Kenaikan Harga Pangan

Kompas.com - 20/06/2014, 16:27 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo memperingatkan pemerintah terkait risiko kenaikan harga komoditas pangan menjelang bulan Ramadhan. Sebab, kenaikan harga dapat berpengaruh terhadap inflasi.

"Kita minta perhatian kepada pemerintah dan pemerintah daerah, ada komoditas pangan yang perlu diperhatikan," kata Agus di kantornya, Jumat (20/6/2014).

Bank sentral memperhatikan kenaikan harga terjadi pada beberapa komoditas, seperti daging ayam dan telur ayam. Meskipun demikian, secara umum Agus mengungkapkan perkembangan inflasi cenderung ke arah yang lebih baik.

"Inflasi kita terus menunjukkan perkembangan yang baik, sehingga kita akan bisa kembali ke harapakan inflasi sebagaimana yang kita canangkan untuk tahun 2014, yakni 4,5 plus minus 1 persen. Secara umum inflasi mengarah ke target yang kita canangkan," ujar Agus.

Beberapa waktu lalu, Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Chairul Tanjung mengatakan, kesiapan dan kestabilan bahan pangan dalam menghadapi bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri relatif stabil. Bahkan kondisi ini lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Hanya ada beberapa komoditas yang meningkat harganya cukup tinggi, seperti daging ayam, telur ayam, bawang merah, dan bawang putih. Namun kenaikan harga daging ayam dan telur ayam bukan karena fluktuatif. Didesain oleh Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian agar stabil untuk masa-masa mendatang," kata CT.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com