Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Bangun Anjungan Baca di Tengah Rumah Sakit

Kompas.com - 25/06/2014, 16:02 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com — PT Pertamina mendukung salah satu program Kota Balikpapan, yaitu peningkatan minat baca masyarakat dengan membangun anjungan baca Pertamina di Rumah Sakit Tentara Dr R Herdjanto Balikpapan, Kalimantan Timur.

"Pertamina membuat anjungan baca ini karena memang sesuai dengan salah satu program Pemerintah Kota Balikpapan, yaitu meningkatkan minat baca. Ini bentuk komitmen Pertamina," ujar Eksternal Relation Marketing PT Pertamina, Dhika Edwina FN, di Balikpapan, Selasa (24/6/2014).

Dia menjelaskan, anjungan baca Pertamina sudah direncanakan sejak tahun 2012, tetapi baru terealisasi tahun 2013. Total biaya yang dikeluarkan Pertamina untuk membangun anjungan tersebut yaitu Rp 190 juta.

Saat ini anjungan baca di tengah kompleks rumah sakit tentara itu sudah memiliki koleksi 500 buku. Sementara itu, penjaga anjungan baca Pertamina, Ditha, mengatakan, biasanya masyarakat terutama anak-anak memenuhi anjungan baca tersebut pada pukul 09.00-10.00 Wita pada hari libur sekolah seperti saat ini.

Sementara pada hari-hari biasa, jumlah pengunjung relatif bervariasi tergantung jumlah pasien yang datang ke RS Tentara tersebut. "Biasanya ramai jam-jam 09.00-10.00, pengunjungnya banyak anak-anak dari pasien yang dibawa orangtuanya, tapi ada juga anak-anak dari SD di dekat sini," katanya.

Di sisi lain, Fauzan, salah satu anggota masyarakat Balikpapan yang sedang berkunjung ke Rumah Sakit Tentara Dr R Herdjanto, mengatakan, adanya anjungan baca Pertamina tersebut sangat bermanfaat, terutama bagi orangtua yang membawa anak saat berobat atau sekadar menjenguk sanak keluarganya yang sakit.

"Program ini sangat bermanfaat sekali ya untuk masyarakat yang datang ke sini, terutama untuk kita, orangtua yang bawa anak," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com