Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Sembako di Semarang Berangsur Melandai

Kompas.com - 07/08/2014, 02:31 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis


AMBARAWA, KOMPAS.com - Harga kebutuhan pokok di Kabupaten Semarang pasca-libur Lebaran kembali normal. Beberapa komoditas seperti cabai mulai mengalami penurunan secara perlahan, meski belum pada posisi harga normal seperti sebelum Lebaran.

Salah seorang pedagang sayuran di Pasar Bandarjo Ungaran, Sulastri (42) menyatakan harga sayur-sayuran sudah kembali stabil. Namun untuk harga cabai rawit merah, belum begitu melandai seperti sebelum Lebaran yang mencapai Rp 12.000 per kilogramnya.

"Saat lebaran harga lombok galak (cabai rawit merah) Rp 24.000-Rp 25.000 per kilogram, sekarang mulai merambat turun hingga Rp 18.000 per kilogram," ujar Sulastri, ditemui Rabu (6/8/2014) siang.

Sulastri memperkirakan harga cabe rawit merah ini akan kembali normal dalam beberapa hari kedepan. "Tidak lama lagi akan turun terus, kembali ke harga semula sekitar Rp 14.000," katanya.

Sementara itu, harga kebutuhan pokok seperti beras, gula dan minyak goreng selama masa Lebaran tetap normal. "Tidak seperti tahun-tahun lalu yang naik turun, tahun ini cenderung stabil," ujar pedagang sembako di pasar Ungaran, Heri Suharno (45).

Ia mengungkapkan, menjelang Lebaran, harga telor sempat mengalami kenaikan, dari harga awal seharga Rp 16.000 per kilogram atau mengalami kenaikan hingga Rp 20.000-Rp21.000 per kilogram. "Tapi saat ini sudah kembali stabil di harga Rp 16.000 per kilogram," ungkap Heri.

Sementara itu untuk komoditas daging sapi, menjelang Lebaran kemarin sempat mengalami kenaikan hingga Rp 120.000 per kilogram untuk jenis daging kwalitas baik, sedangkan saat ini sudah kembali ke harga normal di harga Rp 100.000 per kilogram.

Menurut Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Semarang, Moh Nasir, meskipun ada kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok, hal itu masih dalam batasan wajar. Kenaikan ini disebabkan mahalnya tenaga kerja dan biaya transportasi saat menjelang lebaran.

"Kenaikan harga saat menjelang lebaran memang sering terjadi pada beberapa kebutuhan pokok. Kenaikan ini pun masih dalam batasan wajar. Namun kenaikan ini akan kembali stabil saat usai lebaran," ujar Nasir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com