Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jero: BBM Nonsubsidi Berapapun Mau Beli, Ada..

Kompas.com - 25/08/2014, 13:37 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Jero Wacik menyatakan, kuota subsidi bahan bakar minyak (BBM) akan cukup sampai akhir tahun 2014. Sebab, pemerintah melalui BPH Migas telah melakukan pengendalian.

“Karena kalau normal saja (tanpa pengendalian) maka nanti kuota yang 46 juta kiloliter itu hanya cukup untuk pertengahan Desember. Sehingga, untuk menambah nafas agar cukup, saya minta kepada BPH Migas untuk mengadakan pengendalian,” kata Jero ditemui sebelum rapat dengan Komisi VII, Jakarta, Senin (25/8/2014).

Jero menjelaskan, konsumsi riil BBM bersubsidi sepanjang 2013 lalu mencapai 46,2 juta kiloliter. Dengan tambahan 1,2 juta unit mobil dan 9 juta unit motor, dia memastikan sebenarnya konsumsi BBM bersubsidi sepanjang 2014 ini tidak akan kurang dari tahun lalu. Namun, lantaran telah diketok dalam APBN-P 2014 kuota subsidi BBM hanya 46 juta kiloliter, maka pemerintah pun melakukan upaya pembatasan.

Setelah melakukan pengurangan impor dengan meluncurkan biodiesel B10 dan B20, pemerintah terus mengurangi BBM bersubsidi dengan mengetatkan penyaluran per hari, minus 5-15 persen. Dia pun meminta media untuk tidak menggunakan istilah kelangkaan untuk menggambarkan dampak dari pengetatan distribusi.

“Jangan pakai katergori langka, terus rakyat berpikiran solar, premium enggak ada, mobil kita enggak bisa jalan. Itu salah. Yang ada, adalah yang bersubsidi diketatkan, yang non subsidi berapapun mau beli, ada. Jangan kesankan langka ini tidak ada BBM..” tegas Jero.

Sementara itu, Jero, ditanya mengenai kemungkinan jebolnya subsidi BBM tersebut, mengatakan tidak akan meminta tambahan kuota. “Lho kalau menaikkan kuota, nanti naik lagi subsidinya, salah lagi kita. Kuota jangan ditambah lagi. Kita semua sepakat subsidi BBM sudah terlalu tinggi. Habis uang kita untuk itu,” tandas Jero.
baca juga: Premium Langka, Pemerintah Imbau Orang Kaya Beli BBM Nonsubsidi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com