Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyeksi, IHSG Mencoba Bangkit

Kompas.com - 26/08/2014, 07:21 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Sentimen positif dibutuhkan untuk mengangkat posisi Indeks Harga Saham Gabungan setelah turun dalam dua perdagangan sebelumnya. Kenaikan bursa global diharapkan menjadi kesempatan beli saham-saham di Bursa Efek Indonesia, Selasa (26/8/2014).

Indeks bursa Wallstreet ditutup menguat pada perdagangan semalam waktu Indonesia. Indeks Dow Jones naik 65,65 poin atau 0,44 persen, S&P 500 naik 0,48 persen di level 1.997,92 dan sempat menembus level psikologis 2.000, serta Nasdaq naik 0,41 persen.

Penguatan indeks itu diorong oleh komentar dari Presiden Bank Sentral Eropa (ECB), Mario Draghi dalam pertemuan di Jackson Hole yang berencana akan menambah stimulus ekonomi bagi Uni Eropa.

Sementara itu dari data ekonomi, penjualan rumah single-family turun untuk kedua kalinya, begitu juga dengan indeks sektor jasa yang melemah pada Agustus. Saham-saham finansial dan bioteknologi memimpin penguatan indeks.

Bursa Eropa pun ditutup positif terimbas komentar presiden ECB Mario Draghi itu. Indeks FTSE turun tipis 0,04 persen, CAC naik 2,1 persen daan DAX naik 1,83 persen.

Bursa Indonesia hari ini menurut riset Semesta Indovest diperkirakan akan bergerak positif terimbas naiknya bursa Wallstreet semalam dan diharapkan mampu menahan tren IHSG yang menurun. Indeks EIDO naik 0,8 persen.

Saham-saham yang dapat diperhatikan hari ini antara lain BBNI, BMRI, BUMI, CPGT dan MNCN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com