Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Emas Naik dari Posisi Terendah 11 Pekan

Kompas.com - 04/09/2014, 07:37 WIB
Erlangga Djumena

Penulis


CHICAGO, KOMPAS.com -Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange naik pada Rabu (3/9/2014) waktu setempat (Kamis pagi WIB), karena aksi short-covering (aksi beli investor terhadap emas yang telah dijual), setelah emas turun ke tingkat terendah 11 pekan.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Desember, naik 5,3 dollar AS, atau 0,42 persen, menjadi ditutup pada 1.270,3 dollar AS per ounce.

Emas berjangka dibuka lebih tinggi pada Rabu, karena Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan ia bisa mencapai kesepakatan untuk mengakhiri pertempuran di Ukraina dalam waktu seminggu, namun Ukraina menolak pernyataan itu.

Beberapa analis mengatakan bahwa data ketenagakerjaan AS pada Jumat (5/9/2014) mungkin positif, dikombinasi dengan kurangnya permintaan fisik untuk emas, bisa memicu penurunan lain dalam harga logam mulia.

Faktor lain yang membatasi kenaikan emas adalah sebuah laporan yang dirilis oleh Departemen Perdagangan AS pada Rabu menunjukkan bahwa pesanan baru untuk barang-barang manufaktur naik sebesar rekor 10,5 persen, karena permintaan untuk peralatan transportasi meningkat.

Departemen perdagangan juga merevisi angka Juni yang menunjukkan kenaikan 1,5 persen, bukan kenaikan 1,1 persen yang dilaporkan sebelumnya.

Sementara itu, perak untuk pengiriman Desember naik 3,7 sen, atau 0,19 persen, menjadi ditutup pada 19,189 dollar AS per ounce. Adapun, Platinum untuk pengiriman Oktober naik 3,6 dollar AS, atau 0,26 persen, menjadi ditutup pada 1.412,5 dollar AS per ounce.
baca juga: Harga Emas Dunia Melorot ke Level Terendah 11 Pekan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com