Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menko Perekonomian Prihatin pada ESDM

Kompas.com - 05/09/2014, 15:34 WIB
Tabita Diela

Penulis

 


JAKARTA, KOMPAS.com -
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung mengaku prihatin dengan kejadian bertubi-tubi yang menimpa Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Namun Chairul optimistis, Kementerian ESDM bisa tetap bekerja dengan baik.

"ESDM saya harus katakan, saya sangat prihatin dengan kejadian yang menimpa ESDM. Namun begini, saya, yang pertama ingin kita semua menjalankan prinsip hukum sesuai ketentuan hukum berlaku," ujar Chairul seusai rapat koordinasi di Jakarta, Kamis (4/9/2014) malam.

Chairul bersikeras, masyarakat harus menghormati proses hukum, menghormati adanya azas praduga tidak bersalah. Dia menghimbau agar masyarakat membiarkan proses hukum berjalan sampai keputusan hukum final dan mengikat.

"Namun, kita berharap juga kementerian ESDM itu walau ada musibah seperti ini, itu tetap berjalan seperti biasa tanpa sesuatu. Saya sudah menelepon Wakil Menteri ESDM, hari ini juga hadir, saya akan bertanya situasinya seperti apa dan saya akan memberikan harapan-harapan terkait dengan apa yang harus dilakukan," imbuhnya.

Mengenai kinerja Kementerian ESDM mendatang, Chairul juga optimistis. Menurutnya, semua menteri dalam Kabinet Indonesia Bersatu telah menandatangani pakta integritas. Ketika menandatangani, semua menteri telah tahu hak dan kewajibannya.

"Kita ikuti saja prosesnya, saya yakin presiden akan menunjuk orang yang tepat untuk mengepalai Kementerian ESDM. Apakah sebagai menteri definitif, atau menteri ad interim sifatnya. Kita tidak masalah, yang penting Kementerian ESDM tetap bisa bekerja, melakukan sesuatu yang baik, sesuai dengan apa yang memang harus dilakukan," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com