Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Efisiensi, Bentoel Tawarkan Pensiun Dini 800 Karyawannya

Kompas.com - 09/09/2014, 12:03 WIB

MALANG, KOMPAS.com
- PT Bentoel Internasional Investama Tbk melakukan upaya efisiensi dengan mengurangi jumlah karyawannya. Bentoel menawarkan kepada hingga 800 karyawan untuk pensiun dini.

Corporate Affairs Manager PT Bentoel Internasional Investama Tbk, Winny Soendaroe menjelaskan, pengumuman tersebut upaya efisiensi karena adanya konsolidasi pabrik. Pabrik Bentoel di Jl Raya Karanglo, Singosari Kabupaten Malang yang semula berjumlah 11 akan dirampingkan menjadi tiga pabrik saja.

"Untuk itu ada perampingan. Kami menawari pengunduran diri secara sukarela dan tidak ada paksaan kepada sekitar 400 hingga 800 karyawan untuk mundur," ujarnya Senin (8/9/2014).

Saat ini jumlah karyawan Bentoel sekitar 8.000 orang dan tawaran diberikan kepada karyawan yang bekerja 2-10 tahun. Dijelaskan Winny, perampingan sebagai dampak perubahan regulasi industri rokok dari pemerintah yang diterapkan 2-3 tahun belakangan.

"Jadi kami menyesuaikan sebagai usaha yang ekonomis dan memberi nilai bagi pemangku kepentingan," imbuhnya. Namun, dikatakan efisiensi ini tidak berdampak terhadap jumlah produksi. (Hesti Kristanti)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com