Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produsen Bir Heineken Tolak Akuisisi oleh SABMiller

Kompas.com - 15/09/2014, 15:00 WIB

KOMPAS.com - Perusahaan bir asal Belanda, Heineken menolak tawaran akuisisi yang dilakukan oleh raksasa produsen bir asal inggris, SABMiller, meskipun saat ini sedang marak aksi konsolidasi di antara industri bir global.

Heineken, yang juga produsen sejumlah merek bir seperti Bintang, Amstel, Tecate and Dos Equis, kepemilikan sahamnya dipegang oleh keluarga yang mendirikan perusahaan itu sejak 1864, dan menjadi produser bir terbesar di Eropa dari sisi volume.

Seperti dikutip dari CNN Money, Senin (15/9/2014), alasan penolakan produsen bir Belanda itu ingin mempertahankan "tradisi dan identitas" perusahaan, sehingga memilih untuk independen.

Sejauh ini, Heineken menjadi perusahaan sangat menarik bagi perusahaan lain untuk diakuisisi, di tengah maraknya konsolidasi pabrikan bir global, seperti Anheuser-Busch InBev (AHBIF) dan SABMiller. Perusahaan-perusahaan itu melakukan merger dan akuisisi untuk membangun kerajaan bisnis yang bergerak di bidang minuman.

Hingga saat ini, AB InBev menjadi produser bir terbesar di dunia, setelah perusahaan Belgia-Brazil itu mencaplok perusahaan bir AS, Anheuser-Busch pada 2008.

Heineken dan SABMiller terus berkompetisi menghadapi dominasi pasar AB InBev, dan merger di antara keduanya sebenarnya bisa menekan biaya distribusi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com