Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investor Emas Tunggu Skotlandia

Kompas.com - 18/09/2014, 07:47 WIB

CHICAGO, KOMPAS.com -
Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange hampir tidak berubah pada Rabu (17/9/2014) waktu setempat (Kamis pagi WIB). Pasar menunggu referendum Skotlandia yang akan dilaksanakan hari ini.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Desember, turun 0,8 dollar AS, atau 0,06 persen, menjadi menetap di 1.235,9 dollar AS per ounce.

Para investor memantau situasi Skotlandia, yang akan melakukun pemungutan suara untuk menentukan apakah akan tetap menjadi bagian dari Inggris Raya.  Hal ini memiliki potensi untuk meningkatkan harga emas, tetapi analis tidak yakin tentang hasil pemungutan suara tersebut dan kemungkinan dampaknya.

Sementara Barclays telah memangkas proyeksi emasnya. Perusahaan yang berbasis di Inggris ini mengatakan, pihaknya melihat potensi kejatuhan harga emas.

Para analis dari Barclays mengatakan, peningkatan kekuatan dalam dollar AS dan potensi kenaikan suku bunga menciptakan masalah bagi emas, karena mereka cenderung lebih berat daripada kenaikan permintaan secara fisik.

Sementara, perak untuk pengiriman Desember naik 1,3 sen, atau 0,07 persen, menjadi ditutup pada 18,734 dollar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman Oktober melemah 5,1 dollar AS, atau 0,37 persen, menjadi ditutup pada 1.362,2 dollar AS per ounce.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com