Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atasi Pengangguran, Pemerintahan Jokowi Harus Genjot Pertumbuhan "Double Digit"

Kompas.com - 09/10/2014, 13:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -
  Untuk memenuhi lonjakan tenaga kerja yang mencapai dua juta penduduk per tahun, pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla harus menciptakan pertumbuhan ekonomi sebesar 10 persen.

"Kalau hanya tumbuh 5-6 persen maka hanya memenuhi 800.000 angkatan kerja, dan menyisakan sekitar 1,2 juta penduduk angkatan kerja yang menganggur," kata Penasihat Senior Transformasi bidang Kajian Ekonomi, Jonathan Pincus, di jakarta, Kamis, (9/10/2014).

Untuk mencapai hal ini maka pemerintah harus mendorong pertumbuhan industri manufaktur. Hal ini dapat dilakukan dengan mengalihkan tujuh persen dari import industri manufaktur Tiongkok untuk berpindah ke Indonesia.

"Hal ini dapat dicapai dengan melihat penurunan ekonomi di Tiongkok, negara yang mendominasi manufaktur ekonomi dunia dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia memiliki potensi untuk terus tumbuh karena memiliki sumber daya saing yang paling mendukung ketimbang negara-negara lain di Asia termasuk Thailand dan Vietnam," katanya.

Dengan mengembangkan manufaktur, maka indonesia tidak akan menggandalkan pertumbuhan ekonomi berdasarkan kenaikan harga komoditas seperti harga mineral tambang, yang terjadi di pasar global seperti yang terjadi pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). (Arif Wicaksono)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com