Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Promosi Tak Bersinergi, Capaian Investasi di TEI Tahun Ini Jeblok

Kompas.com - 15/10/2014, 20:23 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran dagang terbesar Trade Expo Indonesia (TEI) tahun ini membukukan transaksi lebih rendah dibanding tahun lalu. Sebab, meskipun ada kenaikan transaksi produk dan transaksi jasa, namun rencana investasi yang dibukukan hanya mencapai 500 juta dollar AS.

Pada TEI tahun ini, rencana investasi dipatok sebesar 1,068 miliar dollar AS. Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi menengarai banyaknya promosi yang dilakukan instansi lain untuk menggenjot investasi, membuat rapor investasi di TEI kali ini merah.

"Investasi di TEI ini turun, karena teman-teman BKPM intensif melakukan promosi investasi di event lain, yang memang khusus didedikasikan untuk investasi," ucap Bayu, Kamis (15/10/2014).

Selain karena banyaknya event promosi investasi, Bayu juga mengakui pada pameran dagang kali ini, Kementerian Perdagangan lebih memfokuskan pada promosi produk untuk menggenjot transaksi perdagangan.

"Kita desain TEI lebih fokus ke transaksi perdagangan, promosinya lebih berat ke produk," tandas Bayu.

Dia menuturkan, rencana investasi yang diminati dalam TEI tahun ini, antara lain adalah manufaktur, properti, energi, infrastruktur, pertambangan, dan industri makanan, dengan investors yang berasal dari 13 negara, di antaranya Korea Selatan, Taiwan, Aljazair, serta Australia.

Dengan penurunan investasi yang cukup tajam, secara keseluruhan, transaksi TEI tahun ini turun dibanding tahun sebelumnya. Transaksi TEI 2013 mencapai 1,82 miliar dollar AS, dan tahun ini hanya 1,42 miliar dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com