Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amankan Produksi Migas, SKK Migas Gandeng TNI

Kompas.com - 19/11/2014, 15:36 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis


BADUNG,KOMPAS.com - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) melakukan kerjasama dengan TNI untuk mengatasi gangguan keamanan di daerah operasi hulu minyak dan gas bumi.

Gangguan keamanan dinilai menjadi salah satu penyebab menurunnya target produksi nasional. Kerjasama antara SKK Migas dan TNI ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU).

“Faktor non teknis seperti gangguan keamanan menjadi salah satu penyebab tidak tercapainya target produksi nasional. Gangguannya di tingkat lokal, nasional atau lintas batas negara,” kata Pelaksana Tugas(Plt) Kepala SKK Migas, J.Widjonarko saat memberikan sambutannya, Nusa Dua, Badung, Bali, Rabu(19/11/2014).

Berdasarkan data SKK Migas, hingga September 2014 tercatat terjadi 103 kasus ganggan keamanan yang meliputi pencurian peralatan, pencurian minyak, penutupan jalan, demonstrasi, dan lain-lain. Kasus gangguan keamanan diakui menurun pada tahun ini secara signifikan dibanding periode tahun lalu mencapai 863 kasus.

“Sektor migas penyumbang 29 persen dari APBN, ini merupakan urat nadi pembangunan nasional. Saya menyambut baik kerjasama ini untuk pembangunan bangsa,” kata Kepala Staf TNI AD, Jendral TNI Gatot Nurmantyo.

Dalam kesempatan yang sama, SKK Migas juga melakukan kontrak perpanjangan kerjasama dengan TNI Angkatan Laut yang diwakili Panglima Armada Timur, Laksamana Muda Arie Hendrikus Sembiring. Kerjasama dengan TNI sudah dilakukan sejak 2005 lalu dengan lingkup pengamanan di kawasan laut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com