Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BKPM Masih Optimistis Target Investasi 2015 Rp 524 Triliun Tercapai

Kompas.com - 09/12/2014, 18:33 WIB
Icha Rastika

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) masih optimistis target investasi Rp 524 triliun bisa tercapai pada tahun depan meskipun Bank Dunia meramalkan tren investasi ke Indonesia menurun.

Kepala BKPM Franky Sibarani menyampaikan, pihaknya tengah melakukan perbaikan sehingga hasil riset World Bank tersebut bisa terkoreksi secara positif. "Jadi artinya yang dilakukan oleh BKPM sekarang, kita sedang menata perizinan itu merupakan satu langkah yang tepat. Tentunya dari perbaikan-perbaikan ini apa yang dihasilkan riset bank dunia bisa terkoreksi secara positif," kata Franky di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Selasa (9/12/2014).

Untuk itu, BKPM akan melakukan kajian atas hasil riset Bank Dunia tersebut. Ia memperkirakan ada dua poin yang menjadi permasalahan investasi di Indonesia, yakni terkait isu tanah dan birokrasi perizinan.

Terkait perizinan, Franky menjanjikan sistem pelayanan izin investasi satu pintu bisa dijalankan pada akhir Januari mendatang. Menurut dia, pelayanan izin investasi akan disatukan dalam Badan Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Saat ini, pelayanan izin investasi terbagi dua yakni Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah di bawah BPKM, dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Mengenai kesiapan infrastruktur teknologi informasi, Franky menyatakan bahwa segala infrastruktur sudah tersedia. "Tinggal kita koneksikan saja," sambung dia.

Diberitakan sebelumnya, Bank Dunia memprediksi perekonomian Indonesia tahun 2015 mencapai hanya di level 5,2 persen, yang mengindikasikan bahwa pertumbuhan investasi yang menurun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com