Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jusuf Kalla: Sektor Pertanian Paling Rawan

Kompas.com - 10/12/2014, 16:05 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan, dalam pembangunan Indonesia, sektor pertanian merupakan yang paling rawan.  Menurut dia, masyarakat miskin paling banyak di sektor tersebut.

"Hal paling rawan adalah pertanian. Banyak orang miskin di situ, tapi penyerapan kerjanya tinggi," kata Kalla, dalam sebuah seminar di Jakarta, Rabu (10/12/2014).

Kalla menyebutkan, pemerintah menargetkan dalam 3-4 tahun mendatang Indonesia sudah bisa mencapai swasembada pangan. Kalla menuturkan, sebetulnya hanya empat faktor yang harus diperhatikan jika pemerintah ingin mencapai swasembada tersebut.

Dia menyebut, empat faktor tersebut adalah bibit atau benih, pupuk, pengairan, serta metode pertanian. "Selama ini kita hanya kurang keberanian untuk membuat perubahan besar," ucap Kalla.

Dalam kesempatan itu, Kalla memandang, infrastruktur merupakan kunci pembangunan. Menurut dia, untuk membangun infrastruktur tidak semua harus dibangun dari dana APBN. Namun, sebut dia, proyek infrastruktur yang bisa ditawarkan kepada investor swasta tentu saja yang memiliki keekonomisan tinggi.

baca juga: Jusuf Kalla: Jika Semburan Lumpur Berhenti, Lapindo Langsung Kaya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com