Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyeksi, IHSG Masih Dibayangi Sentimen Pelemahan

Kompas.com - 16/12/2014, 08:54 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan diproyeksikan kembali dibayangi pelemahan, Selasa (16/12/2014). Sentimen negatif dari bursa global menjadi penekan laju indeks di tengah sentimen penekan dari internal berupa pelemahan nilai tukar rupiah.

Bursa Wall Street ditutup melemah di awal pekan ini. Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup turun 0,58 persen dan Indeks S&P500 juga ditutup melemah 0,63 persen. Bursa Asia pun bergerak memerah pagi ini, di mana Indeks Nikkei225 terjerembab lebih dari 1 persen.

IHSG kemarin ditutup juga turun 52 poin (1,01 persen) ke level 5.108. Hari ini bakal menjadi ujian indeks apakah mampu bertahan di atas level psikologis 5.100.

Riset Woori Korindo Securities Indonesia memerkirakan hari ini IHSG diperkirakan akan berada pada rentang support 5089-5099 dan resisten 5115-5130. Hammer berada di area lower bollinger band (LBB ). MACD cenderung melemah setelah terbentuk death gross dengan histogram negatif yang memanjang. RSI, Stochastic, dan William’s %R cenderung melemah.

"Meski menawarkan peluang investasi menarik, terutama dari posisinya yang berada di level yang cukup rendah namun, IHSG belum didukung olah sentimen yang ada, yakni rupiah masih melanjutkan terdepresiasi. Untuk itu, perlu juga waspada akan terjadinya pelemahan lanjutan seiring masih berlanjutnya potensi profit taking," tulisnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com