Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyeksi, IHSG Menanti Sentimen Positif

Kompas.com - 15/12/2014, 08:35 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan diproyeksikan bergerak variatif pada awal pekan ini, Senin (15/12/2014). Indeks menunggu sentimen positif untuk mendorong pelaku pasar membeli saham-saham pilihan. Positifnya laju bursa saham AS mampu memberikan imbas positf bagi laju bursa saham Asia, tak terkecuali IHSG yang mampu kembali berada di zona positif akhir pekan lalu.

Penguatan beberapa saham-saham otomotif cukup mampu mempertahankan IHSG di zona hijau yang dibarengi dengan penguatan pada saham-saham manufaktur.

Laju IHSG pasca menyentuh level tertingginya di 5.170an terlihat kurang dapat bertahan hingga kembali terperosok. Namun demikian, penurunan yang terjadi masih dapat berakhir lebih tinggi dari sebelumnya. Adapun transaksi asing tercatat nett buy tipis senilai Rp 42,38 miliar.

Riset Woori Korindo Securities Indonesia memperkirakan pekan ini IHSG akan berada pada rentang support 5.095-5.140 dan resisten 5.185-5.215.

"Maraknya aksi jual membuat IHSG kehilangan peluang untuk melanjutkan penguatan. Apalagi pelemahan rupiah makin parah sehingga terus membayangi sentimen negatif di pasar. Belum adanya sentimen positif membuat laju IHSG jauh dari zona hijau. Tetap perlu dicermati sentimen-sentimen yang akan datang dan tetap mewaspadai potensi pelemahan lanjutan serta batasi aksi-aksi spekulatif," tulisnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com