Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembali Turun, Harga Minyak Dunia Sentuh 55 Dollar AS

Kompas.com - 16/12/2014, 11:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -
Harga minyak mentah dunia melanjutkan penurunan. Harga West Texas Intermediate untuk pengiriman Januari di bursa Nymex turun 0,48 persen, pada Selasa (16/12/2014) setelah kemarin terpangkas 3,29 persen.

Harga minyak jenis WTI berada pada 55,64 dollar AS per barel pukul 10:14 WIB. Sementara kemarin perdagangan berakhir di  55,91 dollar AS per barel.  

Ini merupakan harga minyak terendah sejak tahun 2009. Harga minyak mentah meluncur turun dipicu berlimpahnya pasokan dan perang harga antara produsen OPEC dan Amerika Serikat (AS).

Organization of Petroleum Exporting Countries (OPEC) yang menyuplai 40 persen kebutuhan minyak dunia memompa 30,56 juta barel per hari di bulan November.

"Dari sisi permintaan, ekonomi global melanjutkan pelambatan. Sedangkan butuh waktu jika AS ingin mengurangi produksi minyak serpih (shale)," kata Hong Sung Ki, Analis Komoditas di Samsung Futures Inc, di Seoul pada Bloomberg.

Harga minyak mentah jenis Brent di bursa ICE Futures Europe, London juga tergerus 0,56 persen ke level 60,72 dollar AS pagi ini. Kemarin, minyak jenis premium ini turun 1,28 persen ke 61,06 dollar AS per barel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com