Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Dibayar buat Liburan?

Kompas.com - 18/12/2014, 06:17 WIB

Oleh: Dedy Dahlan
KOMPAS.com -
Di akhir tahun, seperti biasa, semuanya lagi serba musim. Dari musim hujan, musim buah, musim kawin, sampai yang paling ngeri, musim diskon. Dari midnight sale, garage sale, year- end sale, clearance sale, sampe sale pisang, semua ada.

Gara- gara banyaknya spesies ‘sale’ di mall ini, saya jadi lebih ‘mesra’ dan menggenggam erat tangan istri, soalnya kalau lepas, dia bakal langsung menghilang dan belanja.

Nah tapi ada satu musim lagi yang jadi favorit semua orang di akhir tahun, yaitu musim liburan!
Liburan memang sudah enggak lagi semahal dulu. Bahkan bukan cuma murah, liburan pun ternyata tidak lolos dari sentuhan tangan kreatif para passionpreneurs! Liburan ternyata bisa jadi profesi!

Kalau Anda termasuk orang- orang dengan passion jalan- jalan, dan ingin merasakan asyiknya ‘liburan dan dibayar’, berikut beberapa contoh profesi yang bisa mengabulkan mimpi Anda:

1. Travel Blogger
Inilah profesi salah satu teman kuliah saya sekarang. Sebagai travel blogger, liburan adalah profesinya! Mengulas tempat liburan dari atas bawah kiri kanan depan belakang, di blognya, di social medianya, dan beberapa media partner dimana dia menjadi kontributor.
Sumber pendapatan: sponsor, pengiklan, Google Adsense, dan fee pembicara di seminar dan media.

2. Travelling Photographer
Buat Anda yang suka jalan- jalan sambil jeprat jepret sana sini, dan punya skill fotografi yang cukup mumpuni, Anda mungkin bakal tertarik sama profesi yang satu ini. Sambil liburan, buru obyek- obyek foto keren, foto sebanyak- banyaknya, dan jual hasil foto Anda untuk dana liburan lagi!
Sumber pendapatan: jual foto ke majalah travel, ke berbagai situs Photostock, atau via situs seperti www.smugmug.com. Atau jadikan portofolio untuk jasa fotografi Anda lainnya.

3. Travel Book Author.
Gunakan kisah perjalanan Anda sebagai bahan buku tentang travelling, yang lagi naik daun beberapa tahun belakangan ini. Anda bisa bikin buku tentang petualangan Anda di negara lain, bisa bikin guidebook yang memberi saran buat para pelancong pemula, tips travel murah, dan banyak lagi.
Sumber pendapatan: royalti buku, fee pembicara di seminar dan media- media.

4. Pedagang Barang Khas Antar Negara
Salah satu peserta seminar saya pernah menghasilkan uang dari profesi ini tanpa sengaja. Ketika dia pergi ke Spanyol, dia membawa beberapa batik sebagai oleh- oleh untuk kenalannya di sana, yang ternyata laku mahal di negara itu. Dan sebaliknya, ketika pulang ke Indonesia, ia menjual beberapa barang khas Spanyol yang dibelinya di sana, dengan profit yang lumayan besar!
Sumber pendapatan: Selisih dan mark up harga dari setiap barang yang dijual.

5. Tour Guide dan Travel Consultant
Sebagai tour guide, tugas Anda adalah menemani orang jalan- jalan. Dan sebagai travel consultant, tugas Anda adalah memberikan saran terbaik untuk kebutuhan liburan mereka. Syaratnya? Anda harus punya wawasan dan pengetahuan yang kuat tentang tujuan wisata itu.
Sumber pendapatan: Fee dan honor.

6. TV Show Host untuk Travel Show
Nah, kalau Anda adalah tipe narsis yang juga banci tampil kayak saya, *ehem* atau Anda punya akses ke media TV, maka berjuanglah untuk mendapatkan acara TV untuk travel Anda sendiri. Di profesi ini, Anda benar- benar jalan- jalan dibayar.
Sumber pendapatan: fee atau gaji dari stasiun TV.

7. Travel YouTuber
Nah, bagaimana kalau Anda enggak punya akses ke TV Nasional? Ada cara yang lebih gampang. Jadilah YouTuber Travel! Bikin YouTube show Anda sendiri tentang liputan wisata Anda ke berbagai tempat keren, dan bangun audience Anda!
Sumber pendapatan: pengiklan, YouTube Partner Program, fee pembicara seminar.

Jadi itulah beberapa contoh profesi yang bisa bikin Anda merasakan nikmatnya dibayar untuk berlibur! Bagaimana? Apa ada yang cocok untuk Anda? Apa Anda tertarik untuk mencobanya?
Kalau Anda punya ide atau passion berbeda yang ingin Anda coba jadikan profesi, mungkin Anda bisa memakai beberapa konsep profesi di atas sebagai ide di dalam passion Anda sendiri!

Yang pasti, kalau tidak dicoba, bagaimana kita bisa tahu bisa atau tidaknya sesuatu kan? Selamat menikmati liburan Anda! Semoga suatu hari Andapun bisa dibayar untuk berlibur!
(Dedy Dahlan | Passion Coach)

Dedy Dahlan adalah penulis best seller dari buku "Lakukan Dengan Hati", "Ini Cara Gue", dan "Passion! – Ubah Hobi Jadi Duit", yang dikenal luas dengan gaya penulisan dan gaya panggungnya yang jenaka, nyeleneh, blak-blakan, kreatif, dengan materi praktikal. Biasa dipanggil Coach D, ia adalah anggota dan Coach tersertifikasi dari ICF (International Coach Federation), yang memusatkan diri pada pengembangan passion dan profesi.

Memperkenalkan metode PIPO Passion Coaching-nya sebagai pembicara di ICF’s Indonesia Coaching Summit 2013, Coach D adalah inisiator dari konsep "Fun Learning" dan "Passion Based Office", serta kerap menggunakan skill stand up comedy dalam training dan seminar-seminarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com