Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cerita Susi Mengejar Kapal Maling Ikan Buruannya

Kompas.com - 26/02/2015, 14:56 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menceritakan pengalamannya mengejar langsung kapal transhipment yang menjadi incarannya sejak tahun 2014 lalu. Namun, Susi kaget. Kapal incarannya itu sudah berubah nama dari Fu Yuan Yu menjadi Karongsong.

"Jadi kemarin sore saya melihat ada kapal yang namanya sudah saya cari sejak Desember (2014). Tiba-tiba muncul. Saya cari data ternyata izinnya dari November 2013 sudah dicabut," ujar Susi di Hotel Aryaduta, Jakarta, Kamis (26/2/2015).

Melihat kapal buruannya itu, Susi mengaku langsung terbang mengejar kapal itu pagi tadi. Meski sudah berganti nama, data VMS kapal itu masih Fu Yuan Yu. Dia pun mengaku heran dan memutuskan untuk mengecek langsung kapal itu.

Kapal itu sendiri merupakan kapal besar yang sering melakukan bongkar muat (transhipment) ikan di tengah laut Indonesia. Padahal kata Susi, dirinya sudah mengeluarkan peraturan pelarangan transhipment. Akibat mengejar kapal itu, Susi pun sampai terlambat datang ke salah satu acara di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com