Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ukraina Terima Kucuran Dana dari IMF Senilai 5 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 13/03/2015, 20:46 WIB

KIEV, KOMPAS.com — Ukraina mendapatkan kucuran pinjaman dana dari Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) sebesar 5 miliar dollar AS untuk mengatasi masalah perekonomian yang tengah melanda negara yang bersengketa dengan Rusia itu, Jumat (13/3/2015).

"Uang tersebut telah masuk ke rekening Bank Nasional, dan keseluruhan dana akan masuk pada hari ini," ujar Menteri Keuangan Ukraina Natalie Jaresko.

Dari dana tersebut, sebesar 2,2 miliar dollar AS akan dimanfaatkan oleh Pemerintah Ukraina dan sisanya sebanyak 2,8 miliar dollar AS akan disimpan di bank sentral. Jaresko juga menyebutkan, Ukraina akan kembali menerima bantuan sebesar 5 miliar dollar AS pada akhir tahun ini.

Sejauh ini Ukraina telah menerima bantuan dari IMF senilai 17,5 miliar dollar AS sebagai bantuan dari lembaga internasional tersebut untuk menyelamatkan perekonomiannya.

Sebagai bagian dari program IMF, Pemerintah Ukraina juga menggelar konsultasi dengan para kreditor untuk upaya restrukturisasi pinjaman guna menghemat 15 miliar dollar AS dalam dua tahun ke depan.

Perekonomian Ukraina diperkirakan bakal mengalami kontraksi sebesar 5,5 persen pada tahun ini. Sementara itu, mata uang Ukraina telah melemah hingga dua pertiga kali pada tahun lalu. Dari sisi investasi, negara ini juga telah menyatakan pesimistis, menyusul kontraksi yang terjadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com