Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pulangkan WNI dari Yaman, Indonesia AirAsia X Sediakan 1 Armada Pesawat

Kompas.com - 14/04/2015, 14:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan berbiaya rendah jarak jauh, Indonesia AirAsia X, menyediakan satu unit pesawat berbadan lebar Airbus A330-300 khusus untuk mendukung operasi pemulangan Warga Negara Indonesia (WNI) dari Oman, setelah sebelumnya dievakuasi dari Yaman, untuk kembali ke Indonesia.

Dalam penjelasan resminya, CEO Indonesia AirAsia X Dendy Kurniawan mengatakan penerbangan pertama lepas landas dari Bandara Internasional Salalah, Oman, pada Senin (13/4/2015) pukul 22.30 waktu setempat dan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta hari ini pukul 11.45 WIB dengan membawa sebanyak 370 WNI.

Setibanya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, WNI yang diminta untuk kembali ke Indonesia akibat konflik di Yaman itu disambut langsung oleh Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Lalu Muhammad Iqbal dan CEO Indonesia AirAsia X Dendy Kurniawan.

"Indonesia AirAsia X merasa terhormat dapat menjadi bagian dari misi pemulangan WNI dari Oman ke Tanah Air. Ini merupakan wujud nyata dari komitmen kami untuk berkontribusi kepada Indonesia. Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia, khususnya Kementerian Luar Negeri atas kepercayaan yang diberikan kepada Indonesia AirAsia X," ujarnya dalam siaran pers.

Dalam misi ini, Indonesia AirAsia X akan melayani dua penerbangan dari Salalah menuju Jakarta. "Namun kami akan selalu siap untuk mendukung apabila diperlukan penerbangan tambahan lainnya. Keluarga besar Indonesia AirAsia X berdoa agar seluruh WNI di Yaman dapat kembali ke Tanah Air dengan selamat,” ujar Dendy.

Indonesia AirAsia X saat ini mengoperasikan 2 pesawat Airbus A330-300 dengan kapasitas 377 tempat duduk yang terdiri atas 12 kursi kelas bisnis flatbed dan 365 kursi ekonomi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com