Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YLKI: Pengaduan Terkait Kartu Kredit Meningkat

Kompas.com - 06/05/2015, 15:42 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengungkapkan bahwa pengaduan terkait kartu kredit menempati urutan pertama dalam jumlah pengaduan di sektor perbankan.

Menurut Direktur YLKI Sudaryatmo, dari 210 pengaduan yang terkait dengan perbankan, 105 di antaranya melapor terkait kartu kredit. Bahkan, menurut YLKI aduan tersebut meningkat 50 persen dari tahun sebelumnya.

"Banyak melapor terkait dengan kartu kredit... tingkat pengaduan perbankan ke YLKI ada 210 atau mengalami peningkatan hingga 50 persen di 2014," ujar Sudaryatmo di Jakarta, Rabu (6/5/2015).

Pengaduan konsumen yang masuk ke YLKI itu terutama terjadi pada bank-bank besar yang ada di Indonesia. Bank tersebut terdiri dari bank BUMN maupun bank swasta.

Selain kartu kredit, pengaduan ke YLKI juga banyak terkait pengaduan pinjaman perbankan. Persentasenya, terjadi peningkatan sebesar 15,7 persen di 2014, atau sebanyak 33 aduan.

Konsumen juga mengadu terkait anjungan tunai mandiri (ATM) yang tercatat sebanyak 19 persen. Sementara aduan tabungan perbankan juga mengalami pengaduan dari konsumen yaitu berjumlah 10 aduan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com