Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jusuf Kalla : Nelayan Harus Pakai Kapal yang Lebih Besar

Kompas.com - 11/05/2015, 15:18 WIB
Jessi Carina

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla mengapresiasi upaya pencegahan illegal fishing yang dilakukan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Namun, Jusuf Kalla berpesan agar produktivitas di sektor perikanan juga ditingkatkan. "Apabila kita menghentikan illegal fishing, usaha kita meningkatkan produktivitas jauh lebih mudah," ujar Jusuf Kalla di Takalar, Sulawesi Selatan, Senin (11/5/2015).

Kalla juga menegaskan upaya yang perlu dilakukan untuk memaksimalkan potensi maritim adalah pemanfaatan kapal dengan ukuran yang lebih besar oleh nelayan, serta meningkatkan kemampuan nelayan.

"Jadi harus kombinasi dari itu. Walau orang Takalar hebat (menangkap ikan), tetapi tidak ada cold storage (pendingin), maka ikannya akan tetap busuk. Semuanya bapak-bapak nelayan tentu harus dibantu sistim perbankan kita untuk memperbaiki proses yang agar semakin baik," ujar Kalla.

Untuk diketahui, Otoritas Jasa Keuangan dan Kementerian Kelautan dan Perikanan memang membuat program Jangkau, Sinergi, dan Guideline (JARING) guna meningkatkan pembiayaan ke sektor kelautan dan perikanan.

Selain itu, juga untuk memperluas akses masyarakat terhadap sektor keuangan. OJK dan KKP sepakat bahwa pembiayaan sektor kemaritiman begitu luas sampai pada item seperti pembelian kapal besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com