Gelar IPO, Merdeka Copper Gold Tawarkan Saham di Kisaran Rp 1.800 – Rp 2.100 - Kompas.com

Gelar IPO, Merdeka Copper Gold Tawarkan Saham di Kisaran Rp 1.800 – Rp 2.100

Kompas.com - 12/05/2015, 14:31 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan tambang PT Merdeka Copper Gold Tbk melakukan penawaran saham kepada publik melalui initial public offering/IPO. Jumlah saham yang ditawarkan sebanyak 874.363.644 saham baru atau 21,7 persen dengan rentang harga sebesar  Rp 1.800 – Rp 2.100 per saham.

Dalam penjelasan resminya, Selasa (12/5/2015), manajemen akan menggunakan seluruh dana tersebut untuk disalurkan ke entitas anak usaha, yaitu PT Bumi Suksesindo (BSI) yang sahamnya dimiliki 99,9 persen oleh Merdeka. Dana tersebut selanjutnya akan digunakan BSI untuk belanja modal sekitar 50 persen, untuk pelunasan utang sekitar 40 persen dan modal kerja sebesar 10 persen.

Merdeka merupakan perusahaan tambang mineral pertama di Indonesia yang belum berproduksi, namun telah bisa melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Perseroan menyatakan akan memulai produksi pada lapisan oksida yang menghasilkan emas dan perak secara komersial pada tahun 2016 dengan produksi bijih rata-rata sebesar 3.000.000 ton per tahun. Targetnya adalah meraih produksi tahunan emas hingga 90.000 oz dan perak hingga 1 juta oz.

Sumber daya mineral milik Merdeka berupa emas, perak dan tembaga berada di Proyek Tujuh Bukit, Banyuwangi, Jawa Timur.

Presiden Direktur Merdeka, Adi Adriansyah Sjoekri menjelaskan, langkah perseroan melakukan IPO merupakan bagian dari strategi untuk memperkuat visi sebagai perusahaan tambang mineral kelas dunia yang dimiliki oleh entitas bisnis terkemuka di Indonesia.

“IPO merupakan langkah strategis untuk memperkuat daya saing Merdeka dalam menjalankan dan mengembangkan bisnisnya. Kami yakin dengan aset dan prospek bisnis yang sangat baik, aksi korporasi ini akan mendapat respon positif dari para investor," jelasnya.

 

Melalui IPO Merdeka akan memiliki ruang yang lebih luas dan fleksibel dalam mengembangkan perusahaan dengan dukungan sumber pendanaan yang lebih baik. Langkah korporasi ini juga akan memastikan bahwa Merdeka akan selalu menjalankan tata kelola perusahaan atau good corporate governance (GCG). Sehingga dengan fundamental bisnis yang solid dan didukung oleh sumber daya manusia terbaik dan profesional, Merdeka dapat mengelola bisnis secara berkelanjutan dalam jangka panjang.

 


 

Untuk mendukung keberhasilan IPO ini, Merdeka telah menunjuk PT Indopremier Securities dan PT Bahana Securities bertindak selaku Penjamin Pelaksana Emisi Saham (Joint Lead Underwriter atau JLU). Kedua JLU memberikan kesanggupan penuh terhadap seluruh saham yang ditawarkan.

EditorBambang Priyo Jatmiko
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM