Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasa Marga: Sekarang Jalan Tol Sudah Jadi Tempat Parkir Terpanjang

Kompas.com - 28/05/2015, 18:08 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Direktur Utama Jasa Marga Adityawarman menilai, peran tol di Jabotabek sebagai jalan bebas hambatan sudah tak lagi ideal karena tingkat kepadatan yang sangat tinggi. Bahkan, dia mengatakan, jalan tol saat ini layaknya tempat parkir.

"Sekarang ini jalan tol sudah menjadi tempat parkir terpanjang," kata Adityawarman saat rapat dengar pendapat dengan Komisi VI DPR RI di Jakarta, Kamis (28/5/2015).

Dia mencontohkan, salah satu tol yang saat ini sangat dipadati kendaraan adalah Tol TB Simatupang, Jakarta Selatan. Seharusnya, kata Adityawarman, volume to capacity ratio atau rasio volume lalu lintas terhadap kapasitas jalan adalah 0,8. Namun, saat ini rasio volume jalan tol sudah melampui angka itu.

Oleh karena itu, dia berharap, pembangunan jaringan tol lingkar luar kedua dan Jakarta Outer Ring Road (JORR) W2 bisa mengurangi kepadatan di beberapa ruas tol dalam kota.

Dia pun meminta agar DPR ikut berperan serta dalam membantu pengembangan sistem jaringan jalan tol di Jabotabek yang sudah terlalu padat dengan kendaraan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com