Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pensil 2B Paling Favorit

Kompas.com - 08/06/2015, 21:13 WIB


KOMPAS.com - Pensil tulis 2B ternyata paling favorit dipakai oleh para pelajar maupun mahasiswa untuk mengisi kolom ujian. Ada alasan di balik kenyataan tersebut, kata Area Promotion Supervisor Regional I Jabodetabek, Lampung, dan Nusa Tenggara Timur (NTT) PT Faber-Castel International Indonesia (FCII) Parulian Marbun pada Senin (8/6/2015). Menurutnya, kandungan grafit dan clay (tanah lempung) pada bahan isi pensil 2B sama-sama seimbang. "Pada pensil 2B keduanya sama-sama homogen," katanya menjawab pertanyaan Kompas.com di sela-sela kunjungan ke pabril pensil AW Faber-Castell di kawasan Bantargebang, Kota Bekasi.

Homogenitas itu, imbuh Parulian, membuat kadar "kehitaman" goresan yang bisa terbaca komputer pemindai pemeriksa soal berada pada skala yang pas. "Kalau terlalu tipis atau tebal, komputer tak bisa membaca," tutur pria berkacamata itu.

Di dunia industri pensil, ada kategori B yang artinya black untuk tingkat kandungan grafit lebih banyak ketimbang clay. Semakin banyak kandungan grafit, misalnya 8B, kadar "kehitaman" goresan makin pekat.

Sebaliknya, ada kategori H yang artinya hard lantaran tingkat kandungan clay lebih banyak dibandingkan grafit. Semakin banyak kandungan clay, misalnya 8H, kadar "kehitaman" goresan makin tipis.

Catatan FCII menunjukkan, pabrik AW Faber-Castell mampu memproduksi 3,6 juta gross pensil atau setara dengan 518.400.000 batang pensil per tahun. Produk tersebut termasuk pensil tulis maupun pensil warna.   

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com