Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelindo Cabut SK PHK, Aksi Mogok di Tanjung Priok Berakhir

Kompas.com - 29/07/2015, 07:14 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Aksi mogok yang dilakukan pekerja Jakarta International Container Terminal (JICT) berakhir dengan mediasi. Pekerja JICT sepakat menyudahi aksi mogoknya setelah Pelindo II memenuhi tuntutan para pekerja.

"Operasi berjalan kembali setelah Kapolda mediasi antara Lino (Dirut Pelindo II) dan pekerja. SK (surat keputusan) PHK (dua pekerja) sudah dicabut. JICT sempat stop 9 jam 15 menit dengan potensi kerugian puluhan miliar rupiah," ujar Sekretaris Jendral Serikat Pekerja (SP) JICT Firmansyah di Jakarta, Selasa (28/7/2015).

Dia menjelaskan, aksi mogok sekitar 800 pekerja JICT yang dilakukan merupakan bentuk solidaritas kepada dua pekerja yang dipecat secara sepihak karena menyuarakan penolakan perpanjangan konsesi JICT kepada perusahaan asing, yaitu Hongkong Hutchinson Port Holdings (HPH) hingga 2038.

Menurut SP JICT, perpanjangan yang dilakukan oleh RJ Lino tak taat undang-undang dan merugikan negara. SP JICT menilai, angka perpanjangan konsesi sebesar 200 juta dollar AS merupakan angka yang sangat kecil dan berpotensi merugikan negara. Angka tersebut, kata SP, lebih kecil dari nilai konsesi JICT tahun 1998 lalu sebesar 243 juta dollar AS.

"Alih-alih berdialog dengan karyawan JICT, Lino bawa 150 orang karyawan Pelindo II untuk ambil alih JICT," kata Firmansyah.

Menurut dia, pemberian surat PHK kepada dua pekerja ditunjukkan Lino untuk membuat para pekerja lain bungkam terhadap perpanjangan konsesi kepada pihak Hutchinson. Pasca-kesepakatan itu, saat ini aktivitas di Pelabuhan Tanjung Priok sudah kondusif.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com