Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca-penggeledahan, Posisi Irjen Kemendag Jadi Plt Dirjen Perdagangan Luar Negeri

Kompas.com - 29/07/2015, 14:08 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Posisi Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk sementara waktu dijabat oleh seorang pelaksana tugas (plt) setelah pada Selasa (28/7/2015) sore kemarin satuan tugas khusus Polda Metro Jaya melakukan penggeledahan di ruang kerja Partogi Pangaribuan.

Partogi adalah Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag yang menggantikan pejabat sebelumnya, yakni Bachrul Chairi. Adapun yang menjabat sebagai Plt Dirjen Perdagangan Luar Negeri adalah Inspektur Jenderal Kemendag Karyanto Suprih.

"Tadi, lisan, saya mendapat arahan sebagai Plt Dirjen Perdagangan Luar Negeri. Tapi, saya belum mendapatkan surat perintahnya," kata Karyanto di Kantor Kemendag, Jakarta, Rabu (29/7/2015).

Karyanto mengatakan, untuk mendukung pemeriksaan ayng dilakukan pihak kepolisian, Kemendag membebastugaskan para pejabat yang diperiksa. Pembebasan tugas dimaksudkan untuk dua tujuan, pertama Kemendag ingin membantu kepolisian supaya pejabat yang diperiksa bisa konsentrasi dalam proses hukum.

Kedua, pembebasan tugas para pejabat yang diperiksa bertujuan untuk menjamin masyarakat tetap mendapatkan pelayanan publik yang dibutuhkan. "Kami tetap pada prinsip mendukung kepolisian dan kami percaya profesionalisme pemeriksaan yang dilakukan polisi," kata Karyanto.

Sebelumnya, satuan tugas khusus Polda Metro Jaya yang terdiri dari Direktorat Reserse Kriminal Umum dan Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya melakukan penggeledahan di lantai 9 Gedung Utama Kantor Kementerian Perdagangan, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa.

Penggeledahan dilakukan sejak pukul 14.00 WIB dan berakhir pada pukul 20.40 WIB. Kepala Subdirektorat Tindak Pidana Korupsi Ditreskrimsus Polda Metro Jaya membenarkan soal penggeledahan tersebut.

Namun, ia menyebut anggotanya hanya membantu dalam penggeledahan. Dalam penggeledahan tersebut, tampak jajaran pejabat Polda Metro Jaya, mulai dari Direktur Reserse Kriminal Umum Komisaris Besar Krishna Murti, Direktur Reserse Kriminal Khusus Komisaris Besar Mudjiono, Kepala Subdirektorat Jatanrans Ajun Komisaris Besar Herry Heryawan, dan Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok Ajun Komisaris Besar Hengki Heryadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com