Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melayani Si Kecil yang Berkembang

Kompas.com - 16/09/2015, 15:16 WIB
Anastasia Joice

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Setiap usaha yang dilakukan dengan tekun tentu akan berkembang dan bertumbuh. Demikian pula usaha yang dilakukan oleh pengusaha mikro yang dengan tekun melaksanakan usahanya.

Nasabah mikro BTPN yang pada awalnya mendapatkan pelatihan dan berbagai kucuran kredit sebesar Rp 1,5 juta per tahun itu pun berkembang. Seiring dengan perkembangan usahanya, pasar pun semakin terbuka. Tidak hanya itu, modal yang diperlukan juga bertambah.

“Mereka adalah potensi yang besar,” kata Wakil Direktur Utama BPTN Ongki Wanadjati Dana dalam acara Enterpreneur Netdi Surabaya, Rabu (16/9/2015).

“Untuk itu, kami memperkenalkan Mitra Bisnis, unit usaha khusus yang dirancang untuk melayani berbagai kebutuhan pengusaha kecil dan menengah,” tambah dia.

Layanan yang diberikan tidak hanya sekadar layanan finansial berupa kucuran kredit, tetapi juga meliputi kebutuhan akses pasar melalui program informal supply chain dan virtual market. Juga berbagai perbagai pelatihan dan pembukaan jaringan  bagi para pengusaha tersebut.

Bisnis yang berkembang kadang memang terbentur masalah pemasaran. Perry Tristanto Tedja, pengusaha dari Bandung pun mengakui hal tersebut.

“Bisa saja seorang penjual tahu menambah jumlah tahu yang dijualnya, tetapi ke mana menjualnya merupakan masalah untuk dia,” ucapnya.

Perry pun ikut membagikan kiat bisnisnya dalam acara tersebut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com