Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak "Loker" di Banyuwangi, Berminat?

Kompas.com - 19/09/2015, 21:30 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis



BANYUWANGI,KOMPAS.com - Kabupaten Banyuwangi menyediakan 10.689 lowongan pekerjaan pada Job Market Fair 2015 yang digelar di Gelanggang Olah Raga (GOR) Tawangalun pada 18- 20 September 2015. Menurut Alam Sudrajat, Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Banyuwangi jumlah tersebut berasal dari 56 perusahaan yang berasal dari Banyuwangi, Surabaya, Sidoarjo, Malang, dan Bali. "Untuk perusahaan ada 698 lowongan pekerjaan beragam dari perbankan, rumah sakit, instansi, ritel, otomotif, leasing, penambangan, dan cold storage,” jelas Alam kepada Kompas.com Sabtu (19/9/2015).

Sementara itu,  36 perusahaan industri  menyediakan 782 lowongan pekerjaan. Termasuk juga, perusahaan pelayaran yang membutuhkan 1100 tenaga kerja untuk anak buah kapal (ABK) kapal pesiar.

Kemudian, Perusahaan Pengerah Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS) membutuhkan 2100 orang untuk wilayah Asia Pasifik dan Lembaga Pendidikan Keterampilan (LPK) membutuhkan 5000 tenaga kerja.

Alam menjelaskan, bursa kerja tahun ini merupakan kali ketiga. Pada tahun pertama, 2013, bursa kerja  menyerap sekitar 1000 lebih tenaga kerja. Sedangkan, pada 2014, bursa kerja menyerap 800 tenaga kerja. "Saya berharap tahun ini tenaga kerja yang terserap lebih optimal dan lebih banyak lagi," jelasnya.

Yang membedakan, bursa kerja tahun ini dilengkapi dengan konsultasi bisnis bagi mereka yang ingin berwirausaha termasuk konsultasi bisnis untuk pelajar sekolah menengah kejuruan (SMK) dan mahasiswa yang akan memasuki dunia kerja. "Konsultasi ini untuk memotivasi anak anak muda untuk menciptakan lapangan usahanya sendiri. Ada pelaku bisnis dari Hipmi dan Kadin," pungkas Alam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com