Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luncurkan Pusat Informasi MEA, Mendag Minta Semua Pejabat Tingkatkan Keseriusan

Kompas.com - 28/09/2015, 11:29 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Thomas Lembong meluncurkan wadah informasi Masyakarat Ekonomi ASEAN (MEA) atau ASEAN Economics Community (AEC) Center di Jakarta, Senin (28/9/2015).

Dalam sambutannya, Tom begitu sapaan Mendag yang belum genap 2 bulan menjabat itu mengajak semua pejabat pemerintah untuk lebih serius menghadapi MEA yang sudah di depan mata. Pada 1 Januari 2016 nanti, tantangan itu akan resmi diberlakukan.

"Ini ada perubahan yang cukup fundamental dalam kondisi ekonomi saat ini. Kita mesti meningkatkan level keseriusan kita," ujar Thomas saat memberikan sambutan.

Bagi Mendag, informasi yang masif terkait MEA kepada masyakarat begitu penting. Peran media pun dia sebut begitu vital bagi distribusi informasi tersebut. Oleh karena itulah kata dia, AEC Center diluncurkan sebagai wadah informasi bagi masyakarat.

Sementara itu Direktur Jenderal Kerjasama Perdagangan Internasional (KPI) Bachrum Chairi mengungkapkan bahwa AEC Center akan memberikan konsultasi perdagangan dan jasa, edukasi publik tentang perkembangan dan peluang MEA, serta pelayanan advokasi bagi para pelaku usaha.

Secara khusus, AEC Center juga akan memberikan coaching clinics kepada para pelaku usaha terkait ekspor produk unggulan dan potensial. Selain itu, kementerian Perdagangan juga meluncurkan Mobile Magic Box MEA yang akan melakukan roadshow keliling Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Bandung selama 30 hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com