Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naik Tajam, Harga Minyak Mentah Kembali di Atas 45 Dollar AS

Kompas.com - 29/10/2015, 07:37 WIB
NEW YORK, KOMPAS.com - Harga minyak dunia naik tajam pada perdagangan Rabu (28/10/2015) waktu setempat (Kamis pagi WIB).

Kenaikan dipengaruhi laporan persediaan Amerika Serikat yang menunjukkan kenaikan pasokan minyak lebih rendah dari perkiraan pekan lalu. Hal ini mengurangi kekhawatiran tentang membanjirnya pasokan global.

Patokan Amerika Serikat, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Desember melonjak 2,74 dollar AS atau 6,3 persen menjadi 45,94 dollar AS per barrel di New York Mercantile Exchange.

Minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Desember, ditutup naik 2,24 dollar AS atau 4,8 persen pada 49,05 dollar AS per barrel di London,

Para pedagang bersiap untuk peningkatan besar lagi dalam persediaan minyak mentah Amerika Serikat, tetapi Departemen Energi Amerika Serikat melaporan bahwa pasokan minyak mentah hanya naik 3,4 juta barrel, sedikit di bawah perkiraan, pada minggu yang berakhir 23 Oktober.

Penurunan stok bensin dan sulingan juga positif untuk pasar.

"Permintaan untuk produk bagus, sesuatu yang menggembirakan," kata Matt Smith dari ClipperData.

Dia memperingatkan bahwa pasar tetap kelebihan pasokan, bukan hanya minyak mentah tetapi dalam produk-produknya juga.

"Sepertinya tidak terlalu banyak di luar sana yang akan mendorong kita jauh lebih tinggi dari sini dalam harga," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com