Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BNP2TKI Gandeng YCKMB untuk Pemberdayaan Calon TKI dan TKI

Kompas.com - 21/11/2015, 11:29 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Perlu upaya serius merancang dan menjalankan berbagai program dan kegiatan untuk mendapatkan calon-calon tenaga kerja Indonesia (TKI) berkualitas. Hal itu perlu dilakukan baik sebelum TKI berangkat maupun setelah kembali ke Indonesia.

Untuk mewujudkan kondisi itu, Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) menggandeng Yayasan Cipta Karya Mandiri Bangsa (YCKMB) untuk dapat memperkuat jalannya program pelatihan pemberdayaan masyarakat CTKI/TKI. Kegiatan tersebut terfokus baik di sisi lembaga pendidikan formal maupun nonformal, di antaranya melalui standar pelatihan pemberdayaan dan paket pelatihan pemberdayaan masyarakat CTKI/TKI.

Selain memiliki program pelatihan pemberdayaan, YCKMB juga memiliki program Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Tepat Guna dan Temuan Teknologi Baru. Program itu bisa diterapkan bagi para TKI untuk kemudahan mereka sebelum berangkat maupun setelah pulang ke Indonesia.

Ketua YCKMB, Yose, mengatakan kegiatan tersebut akan dilakukan YCKMB untuk para CTKI, TKI, dan TKI Purna meliputi prakeberangkatan, masa penempatan, dan terutama purna-penempatan.

Menanggapi hal itu, Deputi Penempatan Agusdin Subiantoro mengatakan bahwa memang menjadi TKI itu tidak seumur hidup dalam artian berlama-lama.

"Oleh karena itu, nantinya dari rapat akan ditindaklanjuti apa yang dapat dikembangkan bersama-sama," ujarnya, Jumat (20/11/2015).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com