Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Status Keamanan Semua Bandara di Indonesia Dinaikkan Jadi Waspada

Kompas.com - 23/11/2015, 18:25 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Status keamanan bandar udara (bandara) di seluruh Indonesia dinaikkan menjadi Waspada.

Menurut Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Suprasetyo, peningkatan status keamanan itu menyusul terjadinya ancaman teror terhadap maskapai penerbangan di beberapa negara.

"Peningkatan keamanan dari situasi hijau menjadi kuning sudah ada SOP-nya bagaimana pemeriksaan," ujar Suprasetyo saat dihubungi wartawan, Jakarta, Senin (23/11/2015).

Setiap bandara sudah mempunyai cara menjaga keamanan dalam situasi normal, waspada, ataupun darurat. Detail keamanan itu, menurut, dia sudah ada di program keamanan bandar udara.

"Saya instruksi kepala otoritas bandara udara, regulated agent sudah jam 01.00 WIB tadi saya rapatkan pemilik regulated agent," kata dia.

Sebelumnya, maskapai penerbangan Singapore Airlines dan Turki Airlines mendapatkan ancaman bom pada Minggu, 22 November 2015.

Pesawat Singapore Airlines dengan penerbangan SQ0001 mendapatkan ancaman bom saat sedang melakukan perjalanan dari San Francisco menuju Singapura.

Sementara itu, pesawat Turkey Airlines yang mendapat ancaman bom adalah pesawat yang melakukan penerbangan dari New York menuju Istanbul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com