Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rapat Dewan Gubenur BI Akan Ajak Menko Perekonomian

Kompas.com - 12/01/2016, 10:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewan Gubernur Bank Indonesia (BI) setiap bulan menyelenggarakan Rapat Dewan Gubernur (RDG) tidak hanya untuk menetapkan suku bunga acuan atau BI Rate.

Dalam rapat bulanan tersebut, bank sentral juga melakukan serangkaian evaluasi dan asesmen terhadap kondisi perekonomian terkini.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang dilaksanakan hanya 1 hari, mulai tahun ini RDG BI digelar selama 2 hari.

Perubahan tersebut, menurut bank sentral, dilakukan untuk meningkatkan kualitas asesmen kondisi terkini makroekonomi, mikroekonomi, perkiraan ke depan, serta untuk memperkuat perumusan bauran kebijakan BI.

Pada RDG BI bulan Januari 2016 yang akan digelar pada 13 dan 14 Januari 2016 mendatang, BI rencananya akan mengundang perwakilan pemerintah untuk turut hadir mengikuti rapat.

"Berdasarkan Undang-Undang No. 23 Tahun 1999, RDG dapat dihadiri oleh seorang menteri atau lebih yang mewakili Pemerintah dengan hak bicara tanpa hak suara. Untuk RDG Bulan Januari 2016, rencananya akan mengundang perwakilan dari Pemerintah, dalam hal ini Menko Perekonomian RI," sebut BI dalam keterangan resmi, Selasa (12/1/2016).

RDG Bulanan hari pertama dilaksanakan untuk memperdalam hasil asesmen sektor moneter termasuk materi ekonomi regional Tanah Air, sektor stabilitas sistem keuangan, sektor sistem pembayaran, pengelolaan uang rupiah, serta mengintegrasikan opsi-opsi bauran kebijakan yang akan ditempuh.

Adapun RDG Bulanan hari kedua dilaksanakan untuk menetapkan bauran kebijakan BI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com