Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali 5 Perilaku Konsumen Digital

Kompas.com - 18/01/2016, 13:48 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dengan pesatnya perkembangan teknologi digital, terjadi perubahan perilaku di kalangan konsumen. Dalam survei yang dihelat Accenture, ditemukan konsumen kini semakin cerdas dalam memilih produk dan layanan digital sesuai kebutuhannya yang semakin kompleks.

Survei online tersebut menyampaikan lima tren konsumen terkait layanan digital sepanjang 2015. Pertama, perkembangan teknologi digital yang terjadi saat ini telah memicu penduduk seluruh dunia tanpa mengenal usia untuk saling terhubung satu sama lain.

"Perkembangan ini telah mendorong munculnya generasi baru yang diberi nama screenager, kelompok masyarakat yang memiliki beragam perangkat digital dan tidak pernah puas terhadap layanan digital tertentu," kata Managing Director in Digital Accenture ASEAN Mohammed Sirajuddeen kepada wartawan beberapa waktu lalu.

Tren demografis menunjukkan saat ini ada 74 juta masyarakat kelas menengah di Indonesia dan jumlah ini akan semakin meningkat di tahun 2020.

Survei Accenture menunjukkan 93 persen konsumen digital memiliki telepon genggam, di mana 77 persen di antaranya sudah menggunakan ponsel pintar.

Terkait hal itu, tren kedua menunjukkan, meningkatnya jumlah pengguna teknologi dan layanan digital juga disertai perilaku konsumen yang menginginkan pengalaman digital yang lebih baik.

Kualitas dan kemudahan penggunaan gawai merupakan dua hal yang sangat dipertimbangkan konsumen dalam memilih produk digital dan layanan yang diberikan.

Tren ketiga menunjukkan kemauan konsumen dalam membagikan data pribadi mereka kepada pihak lain secara daring.  Faktor kepercayaan dalam hal ini menjadi sangat krusial dalam mengembangkan industri digital.

Selanjutnya, tren keempat dari survei Accenture menggarisbawahi bahwa nama besar sebuah brand saja tidak akan cukup dalam memenangkan hati konsumen dengan karakter mereka yang semakin kritis dan kemampuan mereka dalam mendapatkan informasi secara real-time dengan bantuan teknologi digital.

Terakhir, perkembangan dunia digital saat ini membuka kesempatan lebar bagi yang ingin berkembang di industri digital. Perusahaan perlu meningkatkan kredibilitas, kepercayaan, dan kualitas pengalaman digital bagi konsumen untuk bisa bersaing di ranah kompetisi digital.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com