Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Startup Ini Diburu Penyedia Modal

Kompas.com - 03/02/2016, 13:47 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bisnis startup atau perusahaan rintisan memang sedang naik daun. Tidak heran jika investor penyedia modal (venture capitalist) menaruh minat pada bisnis ini.

Konsultan bisnis internasional Wempy Dyocta Koto mengatakan venture capitalist hanya membidik startup potensial yang memberikan keuntungan jangka panjang.

Nah, ada lima startup yang dibidik para venture capitalist.

1. Startup yang bergerak di pengembangan teknologi virtual reality (VR).

Menurut Wempy yang juga CEO Wardour and Oxford, konsultan pengembangan bisnis, startup yang dilirik misal sistem training 3D untuk latihan atlet profesional.

"Bisa juga mereka menciptakan VR bagi dunia pendidikan bahkan militer," kata Wempy melalui siaran pers ke Kompas.com, Jakarta, Selasa (2/2/2016).

2. Startup keamanan siber (cyber security)

Startup jenis ini masih dibutuhkan seiring dengan berkembangnya kejahatan dunia maya. Tujuannya, untuk menangkal kejahatan tersebut bagi pengguna internet yang semakin bertambah.

3. Startup di bidang kesehatan konsumen

Startup yang dilirik misal startup untuk melacak kesuburan pria dan wanita. Atau, sensor terapi yang dapat melacak pemakaian obat dalam tubuh atau sensor pendeteksi glukosa yang dihubungkan dengan smartphone.

4. Startup bidang robotik dan drone

Di bidang robotik, startup yang dilirik adalah startup yang bisa menciptakan robot-robot fungsional untuk meningkatkan efisiensi kinerja perusahaan dan karyawan

5. Startup bidang internet

Asal tahu saja, hingga 2020 nanti setidaknya ada 25 miliar objek akan terkoneksi dengan internet. Hal ini menciptakan peluang untuk startup yang bergerak di bidang ini.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com