Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Pangan di Indonesia Dikuasai Makelar

Kompas.com - 26/02/2016, 08:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kontrol terhadap harga bahan pangan di Indonesia hingga saat ini masih dikuasai oleh perantara atau makelar yang mempunyai modal besar.

Ekonom Universitas Indonesia Rizal E. Halim menyebutkan salah satu contohnya adalah komoditas beras yang harganya bisa naik drastis kemudian turun drastis.

"Ini menjadi bukti bahwa kontrol harga di pasar dikuasai oleh para 'intermediaries' atau perantara yang mempunyai modal besar," katanya sebagaimana dikutip dari Antara, Jumat (26/2/2016).

Lebih lanjut, katanya, peristiwa itu terjadi di sebagian besar komoditas pangan, seperti daging sapi, ayam, bawang, cabai, dan gula.

Ia mengemukakan hal yang disebutnya sebagai hebat bahwa fenomena naiknya harga komoditas di tingkat konsumen tersebut terjadi setiap tahun sepanjang dua dekade terakhir.

"Walupun harga naik, tetapi kesejahteraan petani tidak membaik. Yang sejahtera adalah para intermediaries yang notabene adalah para pemilik modal," katanya.

Untuk itu ia berharap hal tersebut perlu menjadi perhatian pemerintah. Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) sebenarnya bisa melakukan kontrol dengan baik. Tetapi hanya pengalaman 10 tahun rasanya sulit untuk mereduksi praktik seperti itu.

"Ini masalah bagi ruang KPPU. Pertama KPPU harus pertegas definisi dan tindakan hukumnya bukan meminta kewenangan menyadap," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com