Garuda Indonesia Jamin Mitra "Travel Agent"-nya Tepercaya - Kompas.com

Garuda Indonesia Jamin Mitra "Travel Agent"-nya Tepercaya

Yoga Sukmana
Kompas.com - 27/04/2016, 19:00 WIB
KOMPAS.COM/ANDRI DONNAL PUTERA Ilustrasi umrah: Rombongan umrah di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (20/2/2015), membatalkan perjalanannya dengan maskapai Lion Air dengan jadwal penerbangan jam 15.30 WIB.

TANGERANG, KOMPAS.com — Garuda Indonesia menjamin mitra travel agent atau agen perjalanan umrahnya memiliki rekam jejak yang jelas. Sebab, mitra bisnis tersebut sudah terdaftar di Kementerian Agama (Kemenag).

"Jelas (rekam jejaknya), dan mereka di bawah asosiasi. Kalau mereka yang enggak punya izin ya enggak kita ladeni," ujar Vice President Haji dan VVIP Garuda Indonesia Hady Syahrean, di Tangerang, Rabu (27/4/2016).

Menurut dia, kerja sama bisnis dengan agen perjalanan umrah yang tidak terdaftar memiliki risiko yang besar terhadap kepercayaan kepada Garuda Indonesia.

Oleh karena itu, ia mengatakan bahwa sejak 15 tahun silam Garuda Indonesia sudah tidak lagi menggandeng agen perjalanan umrah yang tidak terdaftar.

Saat ini Garuda Indonesia memiliki mitra yang mencapai 365 agen perjalanan umrah. "Karena kan kalau terjadi apa-apa susah izinnya enggak ada. Seperti ada yang terlantar di Malaysia, Bangkok. Kalau ini kan jelas," kata Hady.

Sebelumnya, Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin berpesan kepada Garuda Indonesia untuk bekerja sama dengan agen perjalanan umrah yang resmi.

Selama ini, tutur dia, banyak calon jemaah umrah Indonesia ditipu oleh sejumlah agen perjalanan tidak resmi. Oleh karena itu, ia tak ingin Garuda Indonesia berurusan dengan para agen perjalanan nakal tersebut.

"Saya minta betul kepada Garuda hanya melayani menjual tiket-tiket ke Madinah juga ke Jeddah hanya berhubungan dengan travel yang resmi saja," ujar Lukman dalam acara peresmian rute baru penerbangan Garuda Indonesia Jakarta-Madinah di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang.

Kompas TV Triwulan 1, Laba Bersih Garuda 1 Juta Dollar

PenulisYoga Sukmana
EditorAprillia Ika
Komentar
Close Ads X