Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Idul Fitri, Pelni Kerahkan 25 Kapal Pengangkut Pemudik

Kompas.com - 03/05/2016, 21:23 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) menyiapkan 25 armada kapal untuk mengangkut para pemudik yang akan menuju kampung halaman di perayaan Idul Fitri tahun 2016 ini.

Armada kapal yang dikerahkan tersebut bertujuan untuk mengantisipasi penumpukan penumpang di pelabuhan.

"Kapal Pelni penuhnya itu saat liburan lebaran, natal, dan tahun baru. Untuk persiapan angkutan lebaran kami menyiapkan 25 armada kapal," ujar Manajer Komunikasi dan Hubungan Kelembagaan Pelni, Akhmad Sujadi kepada wartawan di Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (3/5/2016).

Ke-25 armada yang dikerahkan Pelni meliputi rute Belawan, Natuna, Balikpapan, Makasar, Labuan Bajo, Merauke, Jaya Pura, Batam, Medan, Surabaya dan Semarang.

"Untuk mengantiaipasi itu kami toleransi penambahan penumpang yang ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan adalah 30 persen dari kapasitas kapal," katanya.

Masa liburan lebaran, natal dan tahun baru menjadi momen Pelni untuk mengeruk pendapatan.

"Kenaikannya memang kami prediksi cukup tinggi sekitar 15 persen. Kami peroleh dari optimalisasi koridor Jakarta-Surabaya," imbuh Akhmad.

Pihaknya pun menawarkan bagi perusahaan BUMN yang setiap tahunnya menggelar mudik gratis, Pelni siap untuk mengoptimalkan armadanya.

"Ini yang kami coba akan tawarkan terutama kepada BUMN dan perusahaan swasta yang biasa menggelar mudik gratis." pungkas Akhmad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com