Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indosat Ooredoo Optimistis Kinerja Kuartal II 2016 Naik "High Single Digit"

Kompas.com - 11/05/2016, 11:51 WIB
Aprillia Ika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Emiten operator telekomunikasi PT Indosat Tbk (ISAT) optimistis kinerja kuartal II akan lebih baik ketimbang kuartal I 2016.

Selain karena secara siklus di kuartal II selalu lebih baik ketimbang kuartal I, juga karena di kuartal II ada momen Ramadhan dan Lebaran, yang akan jadi area "panen" bagi operator telekomunikasi.

"Pada kuartal II tahun ini, estimasi kami akan naik high single digit dibanding kuartal I 2016. Itu karena ada momen Ramadhan dan Lebaran," kata Alexander Rusli, Presiden Direktur dan CEO Indosat Ooredoo, kepada Kompas.com, Selasa (10/5/2016).

Pada kuartal I 2016, berdasarkan keterangan intuk investor di website Ooredoo, kinerja Indosat Ooredoo cukup memuaskan bagi induk usahanya tersebut.

Dalam paparan Ooredoo, Indosat mencatatkan kenaikan revenue 12 persen menjadi Rp 6,81 triliun di kuartal I 2016, sementara di kuartal I 2015 sebesar Rp 6,09 triliun. (kurs Rp 13.515 per dollar AS).

Sementara itu margin laba sebelum biaya bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA) Indosat juga naik 14 persen menjadi Rp 3,14 triliun di kuartal I 2016, dari Rp 2,76 triliun di kuartal I 2015.

Margin EBITDA perseroan juga naik menjadi 46 persen di kuartal I 2016, sementara di kuartal I 2015 sebesar 45 persen.

Menurut Ooredoo, kenaikan pendapatan (dalam rupiah) dan kenaikan EBITDA hingga double digit dibanding tahun sebelumnya merupakan imbas dari naiknya segmen konsumer.

Margin EBITDA naik, didorong oleh kenaikan revenue dan turunnya ongkos penjualan. OOredoo juga mencatat, laba bersih mulai bergeser ke teritori positif seiring meningkatnya operasi dan berkurangnya dampak fluktuasi kurs.

"Pangsa pendapatan dari data untuk pertama kali melampaui pendapatan suara dan SMS," tulis Ooredoo.

Hal itu didukung oleh meingkatnya brand awareness dan level brand preference, sehingga pengguna loyal menggunakan brand Indosat.

"Cakupan 4G juga meluas hingga lebih dari 40 juta populasi di lebih dari 20 kota," lanjut Ooredoo.

Kompas TV Inilah Bocoran Gaji Pegawai Perusahaan Telco

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com