Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Ramadhan, Pertamina Tambah Pasokan BBM hingga 20 Persen

Kompas.com - 16/05/2016, 06:00 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto mengatakan, Pertamina akan menambah pasokan bahan bakar minyak (BBM) untuk keperluan di bulan Ramadhan sebesar 18 hingga 20 persen.

"Kami antisipasi peningkatan 18 sampai 20 persen tergantung jenis BBM," ujar Dwi kepada wartawan di Kementerian ESDM, Jakarta, Minggu (15/5/2016).

Menurut Dwi, pasokan BBM di bulan Ramadhan tahun ini dipastikan aman dan tidak akan terjadi kekurangan. "Kami akan selalu jaga di sekitar 20 hari cadangan operasional," imbuhnya.

Pada bulan Ramadhan tahun lalu pun, Pertamina tercatat menambah pasokan BBM 10 sampai 15 persen. Penambahan pasokan tersebut karena menjelang Ramadhan biasanya ada peningkatan konsumsi masyarakat.

Pada kondisi normal, konsumsi BBM jenis premium umumnya ialah 75.000 liter per hari, solar 35.000 liter per hari, dan LPG sekitar 19.000 metrik ton per hari.

Untuk menghadapi peningkatan permintaan BBM, Pertamina biasanya telah merancang sejumlah upaya untuk mengamankan pasokan BBM agar tidak terjadi kendala distribusi selama Ramadhan.

Pada tahun lalu, Pertamina menyiapkan truk-truk siaga yang siap mengisi stasiun pengisian bahan bakar umum jika terjadi lonjakan permintaan. Dengan demikian, permintaan BBM selama Ramadhan tidak perlu dikhawatirkan lagi.

Kompas TV Harga Premium di Atas Harga Keekonomian

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com