Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akses ke Desa Tondei Minahasa Selatan Terbuka karena Dana Desa

Kompas.com - 21/05/2016, 11:46 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Geliat pembangunan mulai dirasakan dampaknya oleh masyarakat Desa Tondei, Kecamatan Motoling Barat, Kabupaten Minahasa Selatan, seiring dengan dikucurkannya dana desa melalui Kementerian Desa.

Sebelumnya, jalan yang rusak di Desa Tondei membuat desa ini sangat sulit diakses dengan kendaraan bermotor.

Namun kondisi tersebut berubah sejak tahun 2015 lalu. Pengaspalan jalan dilakukan. Akses ke desa Tondei perlahan mulai terbuka.

"Hasil bumi semakin mudah diangkut ke sentra-sentra pemasaran terdekat. Dengan pembangunan infrastruktur jalan tersebut roda ekonomi di desa perlahan menggeliat dan diharapkan terus berpengaruh bagi kesejahteraan masyarakat," ungkap Fritz Wotulo, salah seorang penduduk di Desa Tondei.

Hukum Tua Desa Tondei Satu, Nita D. F. Lumapow mengatakan, dana desa yang diperoleh sebesar Rp 252,57 juta sebagian besar dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur.

Selain untuk pembangunan jalan desa sepanjang 850 meter dan pengerasan jalan sepanjang 225 meter, dana tersebut juga disalurkan untuk pembangunan talud sepanjang 141 meter.

"Puji Tuhan, respons masyarakat terhadap pembangunan infrastuktur sangat positif. Dukungan mereka ditunjukkan dengan gotong royong pada berbagai kegiatan pembangunan yang diadakan oleh pemerintah desa, termasuk pengerasan jalan desa beberapa waktu lalu," ujar Hukum Tua Nita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com