Kiat Aman Menggunakan Kartu Kredit Saat "Traveling" - Kompas.com

Kiat Aman Menggunakan Kartu Kredit Saat "Traveling"

Kompas.com - 29/05/2016, 11:50 WIB
Shutterstock ILUSTRASI - Pasangan berbulan madu di Thailand

JAKARTA, KOMPAS.comTraveling adalah sebuah kegiatan bepergian ke luar kota bahkan ke luar negeri dengan tujuan untuk mengeksplorasi keindahan alam dan juga mempelajari sebuah budaya di suatu daerah atau Negara tertentu.

Belakangan ini traveling mulai dilirik sebagai hobi yang menyenangkan bahkan bisa menjadi pekerjaan. Sudah banyak orang yang mencintai dan juga hobi traveling, berhasil menjadikan hobinya ini sebagai bisnis sampingan yang menjanjikan. Salah satunya seperti yang dilakukan penulis terkenal, Asma Nadia.

Salah satu hal yang penting yang harus dipikirkan anda jika ingin melakukan traveling sendiri tanpa bantuan pihak tertentu seperti sponsor atau agen pariwisata, adalah budget khusus untuk traveling anda.

Jarak yang jauh ke Negara atau wilayah tujuan traveling anda mungkin memerlukan budget yang tidak sedikit, apalagi jika berniat melakukan traveling ke luar negeri.

Biasanya, orang akan memilih jalan cepat dan praktis untuk kemudahan transaksi di luar negeri, yaitu dengan menggunakan Kartu Kredit. Setelah itu munculah pertanyaan apakah penggunaan kartu kredit tersebut aman untuk kita?

Berikut ini ada beberapa kiat yang cukup aman yang wajib anda lakukan saat memutuskan liburan ke luar negeri dengan menggunakan Kartu Kredit:

1. Menggali Informasi Tentang Penggunaan Kartu Kredit di Luar Negeri
Memutuskan untuk menggunakan kartu kredit di luar negeri tentunya memerlukan sebuah informasi khusus yang akan menjadi panduan bagi anda yang hendak menggunakan Kartu kreditnya di luar negeri.

Beda Negara, beda aturan, termasuk dalam penambahan biaya charge atau administrasi kartu kredit terkait.

Menggunakan kartu kredit di luar negeri biasanya akan mendapatkan potongan tertentu setiap belanjaan yang dibeli. Kabarnya, biaya administrasi Bank tertentu di luar negeri akan terasa lebih tinggi.

Anda dapat menggali informasi mengenai berapa biaya transaksi kartu kredit di luar negeri sebelum melakukan traveling. Pilihlah kartu kredit yang bebas biaya transaksi luar negeri atau yang rate biayanya rendah.

2. Gunakan Kartu Kredit yang Compatible
Sebaiknya gunakan kartu kredit yang berlogo Visa atau Mastercard. Kedua jenis kartu kredit yang berlogo ini akan memudahkan anda saat melakukan transaksi di luar negeri karena logo ini memang sudah mendunia.

Anda juga bisa melakukan transaksi seperti pemesanan hotel, atau tiket pesawat terlebih dulu karena biasanya harga yang ditawarkan cukup hemat.

3. Simpan Seluruh Bukti Transaksi Anda Selama di Luar Negeri
Pergi ke luar negeri tidak hanya ingin menikmati keindahan tempat wisatanya juga belajar budaya, namun anda juga pastinya ingin memanjakan diri dengan berbelanja di sana.

Hal yang perlu anda perhatikan adalah simpan bukti transaksi baik itu transaksi belanja, pemesanan tiket pesawat dan lainya sebagai acuan anda nanti saat sudah mulai menerima tagihan kartu kredit.

Tentunya anda tidak ingin saat menerima tagihan yang cukup besar nantinya, anda akan merasa “tidak “ mengeluarkan uang sebanyak itu.

4. Jangan Lupa untuk Membawa Uang Cash Sesuai Mata Uang yang Berlaku
Kartu kredit memang akan memudahkan segala transaksi anda saat berada di luar negeri. Namun, tidak semua tempat di sana yang menyediakan pembayaran dengan kartu kredit.

Maka dari itu anda juga harus membawa uang cash untuk mengantisipasinya. Sebelum pergi ke tempat tujuan traveling, anda bisa menukarkan uang di Money Changer terlebih dulu agar bisa memiliki Uang Cash sesuai mata uang yang berlaku di negara tujuan traveling.

5. Buatlah Pencatatan Kecil di akhir Perjalanan Anda
Setelah traveling berakhir, anda bisa membuat suatu catatan kecil mengenai pengeluaran selama melakukan traveling. Anda bisa menuliskan rinciannya, termasuk saat menggunakan kartu kredit.

Dengan begitu, anda bisa menentukan berapa budget yang dihabiskan untuk melakukan traveling, sebagai acuan untuk kegiatan traveling berikutnya.

Buat Anggaran Traveling Anda
Membuat anggaran untuk traveling akan membuat kita lebih berhemat terhadap segala pengeluaran yang tidak perlu saat traveling ke luar negeri.

Untuk berbelanja misalnya, sebaiknya anda menganggarkan berapa budget yang akan dikeluarkan untuk belanja, sekalipun menggunakan kartu kredit.

Namun hindarilah tagihan yang besar nantinya hanya karena anda terlalu berlebihan saat berbelanja. Sesuaikan anggaran dan pendapatan anda dengan pengeluaran.

Kompas TV Raup Untung dari Hobi Traveling

EditorAprillia Ika
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM