Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saus Sambal Indonesia Kebanjiran Order Hingga Rp 8 Miliar di China

Kompas.com - 30/05/2016, 06:30 WIB
Aprillia Ika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Produk-produk cita rasa Indonesia berhasil menarik pasar China di China International Import Expo (CIIE) 2016.

Tak disangka, saus sambal dan saus tomat, salah satu produk yang dipamerkan Paviliun Indonesia di CIIE 2016, kebanjiran order pada ajang tersebut.  

Pada pameran yang berlangsung pada 19-21 Mei 2016 di Kunshan, China, Indonesia berhasil meraup total transaksi sebesar 652.660 dollar As atau Rp 8,86 miliar (kurs Rp 13.580,50 per dollar AS).

Dalam kontrak pembelian, produk saus sambal dan saus tomat dibeli sebanyak 10 kontainer dalam dua bulan ke depan.

Produk-produk ini rencananya akan mengisi gerai Olle Supermarket yang mempunyai 50 cabang di Shanghai dan sekitarnya.

Produk saus sambal ini juga bakal mewarnai rak-rak Sam’s Club untuk 5 cabang Lotte, serta supermarket lokal di China.

Tak hanya itu, produk handicraft kayu dan batu-batuan, kopi luwak, perhiasan, makanan ringan, oil scrub & aromatherapy, biskuit dan wafer, sabun, palm wax, minyak goreng dan margarin juga meraih order dari sekitar 1.500 pengunjung dari berbagai negara.

Antara lain dari Singapura, Taiwan, dan Jepang.

Paviliun Indonesia juga disesaki pengunjung lokal yang berasal dari Nanjing, Shenzhen, Shanghai, Jiangsu, Beijing, dan Guangzhou.

Ada sembilan perusahaan yang menampilkan berbagai produknya  di CIIE 2016. Pameran ini diselenggarakan di Huaqiao. International Expo Center, dan penyelenggaraan kali ini merupakan yang ke-5 kalinya.

Menempati area seluas 35.000 m2, CIIE 2016 diikuti 332 peserta dari 32 negara termasuk Indonesia, Sri Lanka, Korea, India, Jepang, Taiwan, Nepal, Polandia, Hong Kong, Thailand, Viet Nam, Makau, Italia, Swedia, Jerman, Amerika Serikat, dan Brasil.

Tercatat lebih dari 30.000 pengunjung lokal dan mancanegara dari Eropa, Asia, Hong Kong, Makau, Taiwan, Amerika, dan Oseania, hadir pada pameran tersebut.

Kompas TV Kreasi Abon Ikan Lele dari Jember

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com