Ini 3 Strategi Cerdas Mempersiapkan Dana Pensiun Sejak Dini - Kompas.com

Ini 3 Strategi Cerdas Mempersiapkan Dana Pensiun Sejak Dini

Kompas.com - 06/06/2016, 12:00 WIB
Dok. HaloMoney.co.id Ilustrasi dana pensiun

JAKARTA, KOMPAS.com - Pensiun merupakan salah satu tujuan finansial akhir dari sebagian besar orang. Tentunya, hampir tidak ada orang yang terus menerus ingin bekerja seumur hidup, bukan?

Persiapan pensiun ini tentunya perlu dilakukan sejak dini agar kamu tidak sampai pusing di masa tua nanti.

Berikut ini merupakan 3 strategi cerdas mempersiapkan dana pensiun sejak dini:

1. Bentuklah tabungan dana darurat
Dana darurat berfungsi untuk antisipasi atas berbagai kejadian tidak terduga. Dana ini akan sangat berguna untuk menunjang hidup kamu jika terjadi keadaan darurat seperti bisnis kamu bermasalah besar atau kehilangan pekerjaan.

Normalnya, kamu perlu membentuk dana darurat sebesar 6 bulan biaya hidup sehari-hari. Mulailah menyisihkan sedikit lebih banyak penghasilan kamu setiap bulan.

Sebagai contoh, jika penghasilan kamu saat ini Rp 3 juta per bulan, maka kamu dapat menyisihkan 10 persen atau sekitar Rp 300 ribu per bulan untuk mulai membentuk dana cadangan.

Apabila biaya hidup kamu mencapai Rp 2 juta per bulan, maka dalam 40 bulan atau 3,5 tahun saja kamu sudah siap dengan dana cadangan tersebut.

Jangan lupa berhemat untuk mempercepat terkumpulnya dana darurat. Kamu bisa gunakan dana ini sebagai tambahan dana pensiun kalau tidak pernah terpakai.

2. Hapus hutang kamu
Hutang merupakan salah satu prioritas utama yang perlu dihapuskan sebelum memasuki masa pensiun.

Akan lebih bijaksana bilamana kamu mulai meyisihkan penghasilan kamu sedikit demi sedikit untuk mulai menghapus hutang tersebut, seperti KPR atau mungkin pinjaman dari saudara untuk memulai usaha sendiri.

Secara umum, kamu sebaiknya menghapus hutang yang memilki bunga paling tinggi dulu untuk mencegah beban bunga yang terlalu besar.

Namun, ada kalanya kamu dapat melunasi hutang yang nilainya kecil dulu tanpa melihat besar suku bunganya.

Ini akan memberikan kepuasan emosional tersendiri yang justru dapat meningkatkan motivasi kamu untuk menghapus hutang lain secepatnya.

Satu hal, jangan pernah melunasi hutang dengan meminjam uang lagi. Jika kamu hanya menutup lubang dengan menggali lubang lain, maka kamu bisa jadi tidak memiliki dana yang cukup untuk masa pensiun kamu nantinya, atau malah menyisakan hutang lagi.

3. Mulai rintis penghasilan lain
Nah, cara terakhir adalah dengan mulai merintis usaha sampingan atau penghasilan lain. Kamu bisa mulai dengan sesuatu yang sederhana sebagai bisnis kecil, seperti menjual buku bekas atau barang lain yang tidak kamu gunakan lagi.

Saat ini, di Indonesia sudah cukup banyak situs jual-beli online yang mempermudah kamu sebagai penjual untuk memulai bisnis sampingan.

Kalau kamu punya hobi seperti memasak atau kerajinan tangan, kamu bisa memanfaatkannya untuk menambah pemasukan dengan menjual hasil masakan atau kerajinan tangan kamu kepada teman-teman kamu sendiri.

Bila kamu tidak punya waktu untuk melakukan ini secara rutin, kamu cukup memanfaatkan momen-momen tertentu seperti Lebaran atau Natal untuk menjualnya.

Jika kamu ingin merintis usaha sendiri, manfaatkan pinjaman tanpa agunan (KTA) untuk melakukannya. Pastikan agar kamu memilih produk KTA yang tepat agar kamu bisa konsisten melunasi cicilannya.

Kompas TV Tips Merancang Pensiun Bahagia


EditorAprillia Ika
Komentar
Close Ads X